Selasa, 28 Agustus 2012

CANDI PRAMBANAN TEMPAT WISATA EKSOTIK


Untuk yang ke tiga kalinya saya mengunjungi tempat wisata yang sangat terkenal di Indonesia khususnya daerah Istimewa Yogyakarta. Selain keindahan tempat-tempat wisata yang beragam jogja terkenal dengan kota pelajar dan kebudayaannya,hal ini dapat dilihat dari bentuk bangunan yang ada di Yogyakarta yang masih memperlihatkan budaya zaman dahulu seperti keraton dan mempertahankan  bentuk bangunan masjid yang berada di jantung kota Yogyakarta. Selain itu juga terdapat peninggalan zaman sejarah yang mendunia yaitu candi prambanan atau  candi roro jonggreng.

 Pemandangan candi Prambanan dari belakang terlihat bebatuan bertumpuk tak beraturan.


 Pemandangan dari depan candi berdiri kokoh megah


 Candi ini terletak di desa Prambanan, pulau Jawa, kurang lebih 20 kilometer timur Yogyakarta, 40 kilometer barat Surakarta dan 120 kilometer selatan Semarang, persis di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.  Candi Rara Jonggrang terletak di desa Prambanan yang wilayahnya dibagi antara kabupaten Sleman dan Klaten. Letaknya yang strategis dekat dengan jalan raya menjadikan pengunjung dimanjakan dengan kemudahan dalam bertransportasi, banyak angkutan umum yang melintasi daerah candi prambanan,seperti transjogja dengan fasilitas yang nyaman didalamnya.
Candi Prambanan memiliki  keindahan yang luar biasa eksotis dan  didaerah  penuh dengan pemandangan megah batu – batuan yang berdiri kokoh bertumpuk-tumpuk berupa candi yang selalu dijaga keasliannya.Tetapi karena peristiwa gempa bumi yang terjadi di daerah Yogyakarta bangaunannya ada beberapa yang runtuh sehingga harus ditambal dengan batu-batu. Selain itu ada hiburan berupa nyanyian lagu-lagu keroncong yang bisa di reques oleh pengunjung, museum yang didalamnya terdapat sejarah candi prambanan dan foto-foto pembangunan candi prambanan.

Tidak ada komentar: